Rilis Perusahaan

Produksi TBS Meningkat, Direksi Baru Astra Agro Optimistis Hadapi Tantangan Industri Sawit

JAKARTA, 23 April 2024: PT Astra Agro Lestari Tbk terus melanjutkan kebijakan perusahaan mengenai operational exellence. Tahun 2023 lalu, disiplin dalam proses panen mendorong kinerja operasional tetap positif. Hasilnya, produksi Tandan Buah Segar (TBS) inti mengalami kenaikan sebesar 4,8%, dari 3,16 juta ton pada tahun 2022 menjadi 3,31 juta ton pada tahun 2023.

Industri kelapa sawit Indonesia memang tengah menghadapi tantangan produktivitas. Salah satunya disebabkan oleh usia rata-rata tanaman nasional yang menua. Sebanyak 46% merupakan tanaman yang memasuki pertumbuhan negatif. Tantangan untuk peningkatan produktivitas di tahun 2023 juga semakin serius mengingat siklus el nino yang harus dihadapi perusahaan.

Tantangan dari sisi harga tak kalah penting. Pada tahun 2022, harga berbagai komoditas mengalami lonjakan yang bisa dikatakan sebagai anomali. Harga crude palm oil (CPO) di pasar global tahun 2022 lalu tercatat sebagai harga tertinggi sepanjang sejarah industri, yakni mencapai 1,813 USD/ton. Dibandingkan tahun 2023, harga rata-rata CPO senilai 964 USD /ton, atau mengalami penurunan 13,9%.

“Penurunan harga yang tajam ini menimbulkan koreksi kinerja keuangan industri kelapa sawit Indonesia, termasuk Perseroan,” ujar Santosa, Presiden Direktur PT Astra Agro Lestari Tbk, saat public expose di Menara Astra, 23 April 2023.

Tahun 2023 Perseroan membukukan pendapatan bersih sebesar Rp 21,83 triliun, atau terjadi penurunan sebesar 5% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Penurunan ini berpengaruh pada laba bersih Perseroan. Perseroan membukukan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik perusahaan menjadi Rp 1,06 triliun, turun sebesar 38,8% dibandingkan tahun 2022 sebesar Rp 1,73 triliun.

Kendati banyak tantangan, Perseroan optimistis menghadapi masa depan industri kelapa sawit. Solusi tanaman yang sudah tua, perseroan terus melakukan replanting. “Sepanjang tahun 2023, Perseroan berhasil meremajakan perkebunan seluas 4.713 hektar dengan bibit unggul dari hasil pengembangan research and development kami. Hal ini menjadi strategi perusahaan dalam peningkatan produktivitas jangka panjang,” tambah Santosa.

Digitalisasi dan Komitmen Keberlanjutan

Perseroan terus melanjutkan program digitalisasi. Perseroan telah menerapkan teknologi informasi secara menyeluruh dalam proses dan tahapan produksi pabrik kelapa sawit untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi bisnis, dengan fokus pada manajemen working tools dan management control tools.

Perseroan juga menggunakan Plantation Information Management System (PIMS) yang terdiri dari aplikasi mobile dan sensor/Internet of Things (IoT) untuk mengontrol utilisasi sumber daya di kebun. Dukungan dari Operation Center of Astra Agro (OCA) memastikan Perseroan mendapatkan data operasional kebun secara aktual, cepat, tepat, dan akurat.

Perseroan juga terus berkomitmen dalam tata kelola berkelanjutan melalui Good Corporate Governance (GCG). Komitmen ini selaras dengan Astra Agro Sustainability Aspiration 2030. GCG merupakan key enabler dalam mengimplementasikan Triple-P Roadmap Strategy yakni Portfolio, People, dan Public Contributions.

Pada RUPST yang diadakan 23 April 2024, setelah menerima surat pengunduran diri 3 direksi yang memasuki masa pensiun, maka pada RUPST kali ini diajukan dan disetujui 3 anggota direksi baru. Perubahan ini sesuai dengan rencana jangka panjang pengembangan eksekutif dan rencana suksesi pimpinan perseroan. Berikut ini susunan direksi baru:

Presiden Direktur : Santosa

Direktur : Tingning Sukowignjo

Direktur : M. Hadi Sugeng Wahyudiono

Direktur : Widayanto

Direktur : Djap Tet Fa

Direktur : Eko Prasetyo Wibisono

Direktur : Arief Catur Irawan

 

Vice President of Investor Relations & Public Affairs PT Astra Agro Lestari Tbk

Fenny A. Sofyan fasofyan@astra-agro.co.id

Keterbukaan Informasi

  • Transaksi Afiliasi – Jual Beli Aset antara LTT dan UT – [unduh]

Hasil Paparan Publik

Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan

  • Pemegang Saham Tahunan 2023 – [unduh]
  • Pemegang Saham Tahunan 2022 – [unduh]
  • Pemegang Saham Tahunan 2021 – [unduh]
  • Pemegang Saham Tahunan 2020 – [unduh]
  • Pemegang Saham Tahunan 2019 – [unduh]
  • Pemegang Saham Tahunan 2018 – [unduh]
  • Pemegang Saham Tahunan 2017 – [unduh]
  • Pemegang Saham Tahunan 2016 – [unduh]
  • Pemegang Saham Tahunan 2015 – [unduh]
  • Pemegang Saham Tahunan 2014 – [unduh]
  • Pemegang Saham Tahunan 2013 – [unduh]
  • Pemegang Saham Tahunan 2012 – [unduh]
  • Pemegang Saham Tahunan 2011 – [unduh]
  • Pemegang Saham Tahunan 2010 – [unduh]