ISPO

Astra Agro mendukung penuh terhadap skema Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia melalui Peraturan Kementrian Pertanian Nomor 19/Permentan/OT.140/3/2011 dan telah diperbaharui dengan Peraturan Kementrian Pertanian Nomor 11/Permentan/OT.140/3/2015 tentang Sistem Sertifikasi Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia.

ISPO mempersyaratkan kepada Perkebunan Kelapa Sawit untuk menerapkan perlindungan terhadap hutan, area konservasi dan lahan gambut, pencegahan kebakaran hutan dan lahan, mitigasi gas rumah kaca serta tanggung jawab terhadap pekerja dan masyarakat sekitar sebagaimana tertuang di dalam prinsip, kriteria dan indikatornya.

Astra Agro menjadi salah satu perusahaan pertama dalam mendapatkan sertifikat ISPO pada tahun 2012, melalui anak perusahaannya di wilayah Jambi.

Hingga tahun 2019, sebanyak 38 anak perusahaan telah mendapatkan sertifikat ISPO.

PROPER

PROPER (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup) merupakan instrumen pengawasan pengelolaan lingkungan yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terhadap industri di Indonesia. PROPER bertujuan meningkatkan ketaatan Perusahaan terhadap Undang-undang dan Peraturan Pemerintah yang terkait dengan pengelolaan lingkungan baik dari segi pentaatan terhadap pelaksanaan AMDAL (Izin Lingkungan), Pengendalian Pencemaran Air, Pegendalian Pencemaran Udara, dan Pengendalian Pencemaran Limbah B3. Serta PROPER juga menilai tingkat efisiensi sumber daya yang telah dilakukan oleh perusahaan baik di bidang efisiensi energy dan air, pengurangan dan pemanfaatan limbah B3 dan Non B3, program keanekaragaman Hayati serta pemberdayaan masyarakat sekitar.

Pada tahun 2019, di level nasional, sebanyak lima anak Perusahaan meraih peringkat PROPER HIJAU dan 18 anak perusahaan meraih peringkat PROPER BIRU, sedangkan di level provinsi sebanyak empat anak Perusahaan meraih peringkat PROPER HIJAU dan dua anak perusahaan meraih PROPER BIRU.