JAMBI – PT. Sari Aditya Loka (SAL) berkolaborasi dengan Dinas Dukcapil Kabupaten Sarolangun dalam rangka pelaksanaan kegiatan jemput bola perekaman E-KTP.
Perekaman E-KTP ini yang ditujukan bagi penduduk rentan yaitu, warga Suku Anak Dalam (SAD), penyandang disabilitas serta lanjut usia di Desa Bukit Suban dan Desa Pematang Kabau, Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun (7-8/03).
Sebanyak 25 warga SAD diwilayah bukit suban dan 22 warga SAD di wilayah pematang kabau memperoleh pelayanan administrasi kependudukan.
Dalam pelayanan tersebut tidak hanya pembuatan KTP-el saja melainkan juga pembuatan akte kelahiran, pembaharuan KK serta pelayanan adminduk lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat SAD, penyandang disabilitas, maupun lansia.
Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Ridwan selaku pejabat dari Ditjen Dukcapil RI, perwakilan Dinsosdukcapil Provinsi Jambi, Bapak Riduan selaku Kadis dukcapil Kabupaten Sarolangun, Camat Air Hitam, Kades Bukit Suban, Kades Pematang Kabau dan Asisten CSR PT. Sari Aditya Loka (SAL).
Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SAL bersama Dukcapil Kabupaten Sarolangun ini dilakukan agar memberikan ruang dan kemudahan bagi para penduduk yang kesulitan dalam mengakses administrasi kependudukannya.
“Ini merupakan layanan ‘Jemput Bola’ yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sarolangun yang mana dalam hal ini di fasilitasi oleh PT SAL, Pemerintah Desa Bukit Suban dan Pematang Kabau agar dapat terealisasi dengan baik dan sukses,“ kata Riduan, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Sarolangun.
Kegiatan ini memperoleh sambutan yang sangat baik dari anggota keluarga yang berasal dari penduduk rentan. Dengan adanya kegiatan jemput bola ini memberikan privilise bagi mereka yang memiliki keterbatasan dalam menjangkau lokasi kantor Dukcapil, baik masyarakat SAD, warga penyandang disabilitas maupun para lansia.
“Kami sebagai warga SAD sangat senang sekali dengan adanya kegiatan ini, kami warga yang sangat kurang pengetahuan akan pentingnya administrasi kependudukan menjadi terbantu karena dengan kegiatan ini memudahkan kami untuk memperoleh administrasi kependudukan yang mana itu sangat penting untuk kami agar diakui sebagai warga negara. Kami ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada pihak perusahaan PT. SAL yang tidak ada hentinya terus memberikan bantuan dan perhatian terhadap kami warga SAD,” ujar Temenggung Grip, perwakilan masyarakat SAD.
Kegiatan yang dilakukan tersebut juga diikuti oleh Desa lain yang ingin melakukan administrasi kependudukan, sehingga partisipasi tidak hanya dari penduduk rentan yg menjadi sasaran utama melainkan juga mendapat antusias dari masyarakat desa lainnya.
“Kami ucapkan terima kasih pada pihak perusahaan PT SAL, karena telah mengizinkan kami untuk mengikuti kegiatan ini. Meski sebenarnya kegiatan ini ditunjukkan bagi penduduk rentan namun kami juga boleh ikut,” ujar Soleh, salah satu masyarakat Desa.
Sukses dan berjalan dengan lancar acara ini tidak luput dari peran FKPS SAD yang terus berupaya semaksimal mungkin demi mewujudkan kemajuan warga SAD. Sebab administrasi kependudukan ini tidak hanya berfungsi sebagai tanda pengenal warga negara saja, akan tetapi memilki banyak manfaat dikehidupan sehari-hari misalnya sebagai syarat mendaftar sekolah, mengurus BPJS untuk kesehatan serta hal lainnya yang memiliki urgensi sehingga administrasi kependudukan ini memiliki peran yang sangat vital bagi kehidupan warga negara Indonesia termasuk warga SAD.
Partisipasi dan antusias yang sangat tinggi dari berbagai kalangan masyarakat dan warga SAD menjadi bukti suksesnya kegiatan ini. “PT SAL maupun pihak yang terlibat dalam kegiatan ini akan terus mengupayakan dan memberikan yang terbaik demi kemandirian SAD di masa depan,” ucap Slamet Riyadi, Asisten CSR PT SAL.
Sumber: Jambiekspress.disway.id