Pendidikan

Kami membina sekolah-sekolah yang berada di ring 1 perusahaan (didalam dan luar konsesi perusahaan) pada tingkat Madrasah, PLS (Pendidikan Luar Sekolah),TK, SD, SMP ataupun SMA/SMK.Sampai dengan Maret 2019 perusahaan telah membina sekolah negeri (sekolah milik pemerintah) pada jenjang SD dan SMP sebanyak 194 sekolah di area Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.Kami juga melakukan pembinaan secara khusus pada 37 sekolah negeri dengan jumlah siswa secara keseluruhan sebanyak 9094 siswa. Dari total siswa tersebut, sebanyak 39 % merupakan anak-anak dari masyarakat sekitar yang mencakup 27 % dari jumlah kepala keluarga di ring 1.

Pembinaan dan pendampingan sekolah negeri menitikberatkan pada peningkatan kompetensi guru melalui pemberian pelatihan-pelatihan. Lebih dari 500 orang guru dari 37 sekolah negeri yang tersebar di area Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi telah mendapatkan pelatihan dan akan terus ditingkatkan kompetensinya melalui pembinaan kedepannya dari perusahaan.

Bantuan Sarana & Prasarana Pendidikan

Selain peningkatan kompetensi guru, Astra Agro juga memberikan bantuan sarana dan prasarana kepada sekolah binaan di ring 1 perusahaan berupa bantuan infrastruktur dan bantuan penunjang kegiatan belajar mengajar. Jenis bantuan infastruktur diantaranya bantuan fasilitas, rehab ringan (renovasi minor, sarana dan prasarana penunjang). Bantuan kegiatan belajar mengajar yang diberikan berupa bantuan buku pelajaran, kegiatan lomba, media pembelajaran, bantuan ATK (Alat Tulis Kantor) dan bantuan pendampingan kegiatan belajar mengajar.

Beasiswa

Perusahaan sampai saat ini memberikan beasiswa ikatan dinas kepada 20 anak karyawan dan anak masyarakat untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Politeknik Manufaktur (Polman) Astra, melalui “Program Beasiswa Polman Astra”.

Sampai dengan Maret 2019, 78 orang peserta program beasiswa dengan ikatan dinas sudah diterima bekerja di perusahaan yang tersebar di Area Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi dan ada 23 mahasiswa yang sedang aktif mengikuti perkuliahan.